Sabtu, 05 Oktober 2019

Sistem Informasi Psikologi

A. Pengertian Informasi :
1. Menurut Kusrini (2007) : Informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berguna bagi pengguna yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

2. Menurut Jogiyanto HM (1999:692) : Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

3. Menurut Anton M. Meliono (1990: 331) : Informasi adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.

4. Menurut Raymond Mc.leod : Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat  ini atau mendatang.

5. Menurut Lani Sidharta (1995: 28) : Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang berguna untuk membuat keputusan.

B. Pengertian Sistem Informasi :
1. Menurut Dr. Azhar Susanto (2007:55) : Sistem informasi adalah kumpulan dari sub Sistem apapun
baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berarti dan berguna.

2. Menurut Gordon B. Davis (1991: 91) : Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

3. Menurut Mc leod : Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

4. Menurut Leitch Davis (dalam Minarni dkk, 2011) : Sistem informasi adalah suatu sistem didalam sebuah organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan data transaksi harian yang mendukung operasi dan bersifat manajerial dan kegiatan strategis yang diperlukan bagi pihak luar tertentu.

5. Menurut Jogiyanto (2005:6) : Sistem Informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

C. Pengertian Psikologi :
1. Menurut Wilhelm Wundt: Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indera, pikiran, merasa (felling) dan kehendak.

2. Menurut Dakir (1993) : Psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

3. Menurut Muhibbin Syah (2001) : psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

4. Menurut George A. Miller (1974) : Psikologi adalah Ilmu yg berusaha menguraikan, meramalkan & mengendalikan peristiwa mental & tingkah laku.

5. Menurut Supratman & Mahadian (2016) : Psikologi adalah tentang ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan nya dengan lingkungan dimana dia tengah berada.

D. Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat kombinasi dari manusia dan teknologi yang digunakan untuk memperoleh data yang berarti bagi si pengguna atau penerima mengenai ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia atau psikologi.

Daftar pustaka:
Anton M. Meliono. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka. Jakarta: 1990.

Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Dr.Azhar Susanto, 2007; “Aplikasi Sistem Informasi Administrasi”, Jakarta : Grasindo.

Drs. H. Abu Ahmadi. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta

Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1. PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991.

Jogiyanto HM., Analisis dan Desain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta:1999.

Jogiyanto, 2005; “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Yogyakarta : Andi Offset.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi, Yogyakarta

Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995.

Mcleod, Raymond. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta. PT. Prenhallindo.

Muhibbinsyah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Minarni Dkk. (2011). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Politeknik Kesehatan Padang. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan ITP, 3(1), 102–109.

Rakhmat, Jalaluddin, Drs, M.Sc. Psikologi Komunikasi, Rosda, Bandung, 2003.

Supratman,  L. P., & Mahadian, A.B (2016). Psikologi Komunikasi. Jogjakarta: Deepublish.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar